Home » LATAR BELAKANG

LATAR BELAKANG

Karakteristik era global dengan perubahan yang begitu cepat dan baku mutu yang tinggi dalam segala bidang menuntut tingkat keselamatan dan kesiapan yang tinggi. Jaminan Keselamatan dan Kesehatan Kerja wajib dipenuhi agar dapat menjamin produktivitas dan kesehatan pekerja dan kelestarian lingkungan. Hal ini telah diundangkan dalam UU No.1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja dan beberapa peraturan perundangan lain yang mendukung.

Sejalan dengan ISO 9000:2000 pasal 6.2, dimana kompetensi Sumber Daya Manusia merupakan persyaratan mutlak yang harus dipenuhi, dan belum adanya satupun program pendidikan dibidang K3 yang menitik beratkan sisi rekayasa (engineering), maka dirintislah penyelenggaraan pendidikan vokasional Program Studi D4 Teknik Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya ITS.

Beberapa dukungan dari berbagai instansi untuk mendirikan program studi Teknik K3 sebagai upaya pemenuhan kebutuhan akan ahli K3, diantaranya : Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI (Depnakertrans RI), Dinas Tenaga Kerja Propinsi Jawa Timur, Asosiasi Ahli K3 (A2K3) Cabang Propinsi Jawa Timur.

Di tahun 2003, kerja sama antara Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya ITS dengan Depnakertrans RI menghasilkan sebuah program pendidikan formal, yaitu Program Studi D4 Teknik Keselamatan dan Kesehatan Kerja (Safety Engineering).  Menurut SK Mendiknas No.498/E/T/2001, tanggal 13 April 2011 bahwa jenjang studi Program D4 sama dengan Sarjana Strata-1, dengan gelar lulusan sebagai Sarjana Sains Terapan (S.ST), dan juga berhak mendapatkan Sertifikat Ahli K3 Umum melalui uji kompetensi.

Program Studi Teknik K3 ini menjadi yang pertama dan satu-satunya Program Studi Vokasi Bidang Teknik Keselamatan dan Kesehatan Kerja (Safety Engineering) yang ada di Indonesia. Pendirian Program Studi ini dikukuhkan dengan surat keputusan Dirjen DIKTI, yaitu: SK No. 475/D/T/2003, dan ijin penyelenggaraan Program Studi K3 Jenjang D4 tanggal 13 Maret 2003. Sekarang Program Studi Teknik K3 telah Mendapat Akreditasi A berdasarkan BAN PT No.004/BAN/PT/Ak/VII/Dpl/IV/VII/2010 tanggal 9 Juli 2010. Bidang K3 tidak hanya ada di bidang Kesehatan saja, tapi hampir setiap industri di segala bidang memerlukan seorang ahli K3 baik bidang manufaktur, informatika, konstruksi , pariwisata, dan bidang lainnya, jadi k3 sudah mengisi semua lini kehidupan.


Leave a comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *